Minggu, 30 November 2008

"Nasihat nabi Isa as"


" Wahai orang yang membangun rumah di atas ombak, itu gambaran kehidupan dunia, maka jangan jadikan ombak itu tempat menetap kalian"

subhanallah !!!

Nasihat yang begitu jelas bagi setiap individu yang sedang berlayar, serta menapaki terjalnya kehidupan.

begitulah kehidupan yang sebenarnya bagi hamba-hamba Allah. Bahkan Rasulullah saw menyatakan kedudukan dunia ini diibaratkan bangkai binatang kambing yang menjijikan dimana tak seorangpun yang menghampirinya.

namun mengapa umat islam banyak yang terpedaya dengan gemerlap dunia yang telah tertelan badai dan ombak kehidupan dunia ini banyak generasi manusia???

Jadikanlah dunia sebagai wasilah untuk menggapai kebahagian abadi, kebahagiaan yang kekal, kehidupan akhirat yang diridhoi Allah swt.
Ibnu Qoyyim rahimahullah mengatakan : " ketika seorang manusia menginjakkan kakinya di atas bumi, maka ia adalah musafir menuju rabbnya. rihlah pertamanya buaian, sedangkan akhir perjalanannya adalah lianglahat.
adapun umur adalah jarak / masafah perjalanan yang ditempuh, tahun-tahun yang dilaluinya adalah marhalah(fase) kehidupan, dan bulan-bulan merupakan farsakh(jarak di atas mil), sedangkan hari-hari bagaikan bermil-mil jarak perjalanan, serta nafas-nafas yang dihembuskan adalah gambaran langkah-langkahnya, ketaatan adalah bekal, amal shaleh merupakan modal yang akan mendatangkan keuntungan atau kerugian. maka sehari semalam itu marhalah dari marhalah yang terus mendekat hingga akhir perjalanannya.
Adapun orang yang cerdas akan meletakkan setiap marhalah (fase) di depan kedua matanya hingga setiap marhalah diisi dan dilalui dengan keselamatan dan kesuksesan. alangkah indah hari pertama akhiratnya apabila berakhir gelap dunia . wallahu a'lam bishowab

Tidak ada komentar: